Anggota Gratis

  • Katalog Produk

    Pelatihan Kultur Jaringan Tanaman

    Harga:
    Call
    Jumlah Pesanan:
    Tambah ke Keranjang
    Negara Asal:
    Indonesia
    Cara Pembayaran:
    Tunai
    Kemas & Pengiriman:
    Pelatihan
    Kenalkan ke teman Anda Masukan ke Produk Rekanan

    Keterangan :

    Pelatihan Kultur Jaringan Tumbuhan

    Teknik kultur jaringan merupakan suatu cara alternatif perbanyakan tanaman secara vegetatif yang hasilnya lebih cepat dan banyak. Perbanyakan tanaman dengan teknik kultur jaringan ( in vitro) dilakukan untuk tanaman yang bernilai ekonomi tinggi dan pemenuhan kebutuhan akan bibit tanaman. Teknik ini memberikan peluang baru dalam proses pembibitan. Bibit yang dihasilkan berasal dari bagian tanaman yang digunakan sebagai eksplan, di mana satu bagian kecil hasil potongan eksplan dapat menghasilkan satu bibit tanaman. Keberhasilan teknik kultur jaringan sangat ditentukan pada pemilihan media yang tepat ( unsur hara makro dan mikro, vitamin, asam amino, sukrosa, dan zat pengatur tumbuh) , kondisi yang aseptik, dan faktor lingkungan. Media kultur telah dikomposisikan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Selain ZPT, faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan kultur jaringan ialah pemilihan eksplan. Pemilihan eksplan lebih baik dipilih dari bagian tanaman yang bersifat meristematik karena sel-selnya masih aktif membelah dan mempunyai daya regenerasi lebih tinggi. Ironistnya, perbanyakan tanaman di Indonesia dengan sistem kultur jaringan sampai saat ini masih terbatas. Metode kultur jaringan mempunyai prospek pengembangan dan pelaksanaan perbanyakan tanaman yang sangat baik dari segi hasil dan mutu, di mana bibit yang dihasilkan dalam waktu yang relatif lebih cepat dan bebas patogen. Berdasarkan latar belakang inilah, Spellboud Nursery : Course of Tissue Culture of Plants dibentuk untuk saling berbagi ilmu dalam pemuliaan tanaman, baik tanaman hias, pangan, dan obat.

    Berbagi Ilmu

    Sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat. Spellbound Nursery menawarkan berbagai macam kerja sama pada semua pihak dalam bidang pembelajaran kultur jaringan, yakni :

    - Umum

    Pelatihan / kursus kultur jaringan tanaman untuk umum. Pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan teknologi kultur jaringan kepada masyarakat umum, sehingga dapat diterapkan dalam bidang pertanian. Pada pelatihan ini para peserta pelatihan akan diajarkan tentang teknik-kultur jaringan seperti; Pemilihan eksplan, cara membuat media dasar dan modifikasi media alternatif kultur jaringan, sterilisasi, inokulasi dalam botol, teknik aklimatisasi, cara pembuatan dan pengelolaan laboratorium skala rumah tangga, pembuatan dan pengelolaan nursery, dan kiat dalam berbisnis di bidang kultur jaringan.

    Kursus Kultur Jaringan
    Tempat : Showroom dan Laboratorium Spellbound Nursery
    Waktu : 5 Hari ( Senin – Jum’ at) Jam Efektif
    Fasilitas : Laboratorium, Lunch, Snack, Modul, Sertifikat
    Biaya : Rp. 2.000.000, - / Orang
    Materi : Sesuai dengan Kurikulum Spellboud Nursery
    Pelatihan Kultur Jaringan / Workshop
    Tempat : Sesuai dengan kesepakatan
    Waktu : 6 – 8 jam
    Fasilitas : Handout materi, Souvenir, Alat, dan Bahan
    Biaya : Rp. 3.000.000, - / Pelatihan ( max 15 peserta) , atau Rp. 250.000, - / Orang ( min 10 peserta)
    Materi : Sesuai dengan Kurikulum Spellboud Nursery
    - Sekolah / Pelajar

    Teknik kultur jaringan merupakan salah satu bagian mata pelajaran yang masuk dalam kurikulum sekolah. Sayangnya di beberapa sekolah, kultur jaringan hanya diajarkan sebatas teori semata. Untuk membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa akan kultur jaringan, Spellbound Nursery menawarkan sebuah Ekskul Kultur Jaringan.

    Program Pendampingan / Ekstra Kurikuler Sekolah
    Tempat : Sekolah masing – masing
    Waktu : 1 Semester ( 16 x Pertemuan)
    Fasilitas : Modul Petunjuk Praktikum, Sertifikat, Raport ( Sarana lab dari sekolah)
    Biaya : Rp. 5.000.000, - / Kelas ( max 30 Siswa) , atau
    Rp. 250.000, - / Siswa ( min 15 Siswa)
    Materi : Sesuai dengan Silabus Spellbound Nursery

    menampilkan 4 dari 5